14 June 2024

10 Ikhtiar untuk Meningkatkan Level Catur

0

HATIYANGBERTELINGA.COM – Banyak pemain catur yang katanya sudah merasa ‘mentok’ di catur. Gak bisa naik lagi levelnya.

Padahal sudah main catur pagi siang sore malam kok sulit maju pesat dan juara. Sudah belajar catur dengan komputer, dll.

Berikut ikhtiar usaha yang bisa dilakukan agar tidak mentok caturnya:

1. Memperbanyak Melengkapi Ilmu Catur

Dengan belajar teori catur dari klub, sekolah catur atau les private catur, bisa juga belajar catur sendiri otodidak meskipun cara terakhir ini tidak mudah dilakukan. Cara terbaik tentu belajar catur dari ahlinya agar tidak salah arah dan lebih cepat maju caturnya.

Kurangnya ilmu catur jelas berdampak langsung pada level catur kita. Ilmu catur kurang jelas sulit naik level caturnya. Ilmu catur bertambah, level meningkat. Begitu logika sederhananya.

2. Memperkuat Skill Kalkulasi Catur

Meningkatkan ketelitian, memperkuat visualisasi menghitung langkah-langkah jauh ke depan, menjaga dan meningkatkan konsentrasi pangkal akurasi langkah, meningkatkan kecepatan berpikir memproses posisi/langkah sehingga dalam krisis waktu pun tetap akurat langkahnya dan volume langkah/posisi yang diproses bertambah banyak).

Melakukan kalkulasi catur dengan luas teliti, dalam, cepat akurat serta hemat efisien tenaga waktu dengan menerapkan metode kalkulasi catur sesuai teori catur dari ahli catur/grandmaster!!

3. Memperbanyak Hapalan Catur

Posisi opening dan ending, tema taktik, tema posisi, pola/bentuk bangunan taktik/posisi, pedoman catur. Hapalan yang banyak berimbas kepada naluri/intuisi semakin tajam peka dalam mengidentifikasi kelebihan/kelemahan posisi catur untuk menemukan langkah terbaik dengan cepat.

Termasuk juga hapalan teori pedoman ayat pasal catur!! Chess Quotes dll bersumber dari para ahli catur dunia dan Grandmaster!!

4. Memperdalam Pemahaman Posisi Catur

Mengetahui apa saja yang terjadi di atas papan catur yang dihadapi. Menghubung-hubungkan posisi/langkah satu dan yg lain. Menarik kesimpulan.

Menentukan Strategi yang tepat apa mau kombi, apa mau prophylactic move, apa mau dikuati dulu posisinya (over protection), atau mau sederhanakan permainan menuju ending menang atau rencana lainnya dan lain-lain.

Menerapkan ayat pasal pedoman teori catur yang mana yang cocok untuk posisi yang dihadapi. Menghubungkan satu teori catur dengan yang lainnya untuk nemukan langkah terbaik!

5. Time Clock Management.

Catur modern dibatasi oleh waktu tertentu. Hal ini menuntut pemain agar bisa berpikir efisien sesuai dengan kebutuhan posisi yang dihadapi. Sangat sering terjadi, pecatur yang mestinya posisinya tidak kalah, bahkan menang bisa kalah karena terjebak dengan krisis waktu.

Manajemen Waktu sangat penting dalam bertanding catur. Hal ini harus dipelajari dan dilatih. Pecatur harus tahu kapan berpikir cepat, kapan berpikir lama. Waktu yang dibutuhkan mestinya disesuaikan dengan tingkat kesulitan posisinya.

Jangan posisi mudah, gak ada apa-apanya tapi mikir lama karena bingung bengong. Sebaliknya posisi kritis sulit tapi terlalu cepat mikirnya, kalkulasi kurang atau tidak lengkap sehingga blunder.

6. Manfaatkan Teknologi Informasi untuk Pembelajaran Catur

Tak bisa dipungkiri teknologi informasi saat ini sangat pesat dan telah merambah segala bidang kehidupan, termasuk di dunia olahraga. Itu juga berlaku untuk olahraga otak catur.

Penggunaan teknologi informasi untuk pembelajaran catur tak pelak merupakan salah satu kunci sukses banyak pecatur top dunia. Dengan bantuan IT, pembelajaran catur akan lebih cepat mencapai hasil dan meningkat levelnya.

Teknolgi Informasi komputer dan internet bisa dipakai untuk study (belajar dan berlatih) catur, Kompetisi catur (sparring, turnamen catur) dan evaluasi catur kita dengan menggunakan software, app dan web. Siapa yang ketinggalan IT di catur, kemungkinan besar akan kalah saing dengan lawannya dan aka sulit naik level caturnya.

Belajar, berlatih catur bisa dari laptop, tab dan HP (smartphone). Pecatur bisa belajar berlatih catur kapan saja, di mana saja dengan bantuan IT ini.

7. Jangan Lupa

Agar langkah caturnya selalu akurat dan ilmu caturnya dapat keluar semua saat bertanding, maka otak harus kuat mikir dan berkonsentrasi stabil dalam waktu lama. Ini bisa diperoleh dengan fisik/stamina prima dengan olahraga fisik secara teratur setiap hari.

Makan dan minum yang bergizi, istirahat yang teratur. Bahkan ada yang sampai yoga, senam otak, meditasi, dzikir, dan sebagainya.

8. Totalitas dan Keseriusan Belajar Berlatih Catur

Banyak pecatur yang tidak sukses karena setengah-setengah dalam menekuni catur. Pecatur amatir umumnya demikian. Pecatur yang bertanding kurang serius, tidak semangat, tidak ngotot maka performancenya juga akan mengikuti psikologis mereka. Mereka yang belajar caturnya tidak total, malas, bosan, kurang disiplin juga akan mendapatkan hasil yang sepadan dengan usaha mereka.

Pecatur yang sukses awalnya dari hobi atau senang caturnya. Kemudian meningkat menjadi love, cinta dengan catur sehingga energi menekuni catur semakin besar. Dan bahkan tidak sedikit mereka yang sukses catur ini, mereka ‘gila’ catur. Ini bukan hanya gila main catur, tapi juga gila akan belajar catur, gila akan ilmu catur.

Pecatur yang demikian merupakan jaminan sukses di masa depan. Kenaikan level caturnya akan dengan mudah dicapai menuju level tinggi.

Pecatur yang tidak total tidak konsisten belajar caturnya karena berbagai halangan seperti sekolah, kuliah atau bahkan kerja. Bahkan ada juga yang terganggu karena hal lain, hobi lain dan gangguan lainnya.

Fokus dan total catur, baik ketika bertanding dan belajar dan kunci sukses untuk catur.

9. Selalu Intropeksi Diri

Selalu intropeksi diri terus menerus apa kekurangan catur kita dengan cepat segera memperbaikinya!! Kekalahan catur kita hanya menunjukkan bahwa memang ada yang salah, kurang, atau gak beres dengan catur kita.

Intropeksi dapat dari diri sendiri, bisa juga dari evaluasi kritik dari pelatih, sekondan, orang pecatur lain para master atau bahkan penonton atau bahkan juga lawan kita!!

10. Dukungan Orang Terdekat

Hampir semua pecatur sukses selalu didukung oleh orang-orang terdekat mereka seperti orang tua, saudara atau teman, sekondan serta pelatih catur di klub caturnya. Peran pengurus organisasi catur di klub catur, sekolah catur dan Percasi setempat juga tidak kalah penting.

Kesuksesan catur, kenaikan level catur bukan hanya kerja individu tapi juga kerja team. Mereka yang teamnya bagus, akan punya peluang sukses lebih besar. (Satu Harapan)


Discover more from HATI YANG BERTELINGA

Subscribe to get the latest posts to your email.

Discover more from HATI YANG BERTELINGA

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading