12 April 2024

Anak Mogok Makan, Bolehkah Ganti dengan Perbanyak Minum Susu?

2

HATIYANGBERTELINGA.COM – Ketua Pokja Antropometri Kementerian Kesehatan dan Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi & Penyakit Metabolik RSCM, ​Prof dr Damayanti R Sjarif, SpA(K) mengatakan susu bukanlah sumber makanan utama, dan hanya bayi berusia 0-6 bulan yang boleh mengganti makanan dengan susu.

Ia menjelaskan, memberi anak susu sebagai pengganti makanan utama yang kerap dilakukan orangtua guna mengatasi anak yang mogok makan dapat menyebabkan masalah kesehatan lain, yakni risiko obesitas.

“Kalau hanya minum susu saja si anak enggak belajar konsumsi makanan yang lain. Apa dampaknya? Risiko obesitasnya empat kali lebih tinggi,” ujar Prof Damayanti dalam acara “Media Scientific Session”, Kamis (15/4/2021).

Prof Damayanti mengatakan anak berusia di atas tahun maksimal hanya boleh mengkonsumsi susu sebanyak 500ml dalam sehari.

Kebanyakan susu formula diberi tambahan pemanis sehingga dapat memperbesar risiko obesitas.

“Karena itu tidak boleh memberi susu yang berlebihan. Manusia itu makan bukan menyusu,” kata Prof Damayanti.

Sementara itu, untuk anak yang intoleransi laktosa sebaiknya berkonsultasi dengan kepada ahli untuk mendapatkan pengganti susu sapi yang sesuai.

Prof Damayanti mengatakan pemberian susu soya sebenarnya tidak dianjurkan.

“Soya itu asam amino esensialnya tidak lengkap, soya itu dari nabati dan ada limiting amino acids jadi saya tidak rekomendasi,” ujar Prof Damayanti.

“Di Amerika juga tidak merekomendasi untuk pemberian soya pada anak-anak yang normal. Kalau untuk memberikan pengganti susu harus dicari dulu yang sesuai anaknya, dikonsultasikan dulu,” imbuhnya.

Beberapa makanan sehat yang dapat dikonsumsi oleh para wanita bahkan keluarga anda, di antaranya terdapat dalam menu sehat yang disediakan oleh Dapur Uyan dan Dapoer Letty dari Hati Yang Bertelinga & Partners.

Lihat lebih lengkap menu yang tersedia di https://wa.me/c/6281310887370 atau hatiyangbertelinga.com/shop/

Media hatiyangbertelinga.com juga menyediakan sarana untuk promosi, iklan, sponsorshipcontent placement, atau sejenisnya untuk mendukung bisnis Anda.

Produk bisnis Anda akan semakin cuan bersama Hati Yang Bertelinga Shop & Partners. Hubungi kami: hatiygbertelinga@gmail.com atau WhatsApp 081310887370.


Discover more from HATI YANG BERTELINGA

Subscribe to get the latest posts to your email.

2 thoughts on “Anak Mogok Makan, Bolehkah Ganti dengan Perbanyak Minum Susu?

Discover more from HATI YANG BERTELINGA

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading