02 March 2024

Tips Cegah Pelecehan Seksual Pada Anak

1

HATIYGBERTELINGA.COM – Pencegahan kekerasan seksual pada anak harus diawali dengan edukasi menjaga bagian tubuhnya.

Dokter spesialis anak dari Ikatan Dokter Anak Indonesia, dr Eva Devita, SpA(K) kepada awak media secara online, Kamis (9/2/2023) berpendapat bahwa orangtua perlu diedukasi untuk memberikan pendidikan seksual anak agar anak mengenal anggota privasi tubuhnya.

Lihat juga: Orang Tua Perlu Hargai Potensi Anak

Ketua Satgas Perlindungan Anak IDAI itu mengatakan bahwa orangtua perlu juga mengedukasi anak tentang bagian tubuh mana yang tidak boleh dilihat orang lain, mana yang boleh dipegang orang lain dan apa yang harus dilakukan ketika ada orang yang ingin melihat atau memegang area privasi tersebut.

Anak harus diajarkan bahwa tidak boleh ada sembarang orang yang mencium bibirnya, memegang dadanya, kemaluannya, bokongnya.

Lihat juga: Anak Bahagia karena Orang Tua Mengasuhnya dengan Cinta

Menurut Eva, hanya ibunya dan dokternya yang boleh melihat.

Kemudian, apabila ada orang yang ingin memegang, memotret, menyuruh anak melepaskan pakaian, maka anak harus diedukasi untuk lari berteriak dan melapor pada orang dewasa terdekat.

“Jadi orang dewasa di sekitar anak harus memiliki kepekaan terhadap kekerasan seksual yang mungkin terjadi di lingkungan sekitarnya sehingga bisa memberikan perlindungan yang dibutuhkan anak,” kata dia.

Lihat juga: Ayah Ibu Miliki Peran Sama dalam Asuh Anak

Lebih lanjut, Eva juga memberikan kiat melindungi anak di dunia maya, antara lain dengan mengevaluasi aturan pemakaian internet yang aman dan menyiapkan perangkat keamanan untuk komputer, laptop, smartphone dan lainnya.

Orangtua juga bisa membuat pengaturan pengawasan pada semua alat yang terhubung dengan internet misalnya age-appropriate filters dan monitoring tools, sehingga mereka bisa mengawasi kegiatan anak saat berselancar di dunia maya.

Lihat juga: Orangtua Diskusilah dengan Anak

Selain itu, bangun kepercayaan dan komunikasi dengan anak, misalnya dengan menyediakan waktu online bersama anak, atau secara teratur berdialog tentang apa yang dilakukan online.

Hal lain yang bisa orangtua lakukan yakni mengajarkan anak menghindari membagi informasi pribadi.

Lihat juga: Dampak Bagi Anak Makan Sambil Main Gawai

Ajari anak berpikir sebelum mengunggah, menggunakan setting privacy pada semua media sosial dan platform permainan dan hindari berkomunikasi dengan orang yang tak dikenal.

“Buat kesepakatan aturan penggunaan internet, misalnya boleh dari jam sekian sampai jam sekian. Ajarkan juga anak bertangung jawab terhadap apa yang diaksesnya dan mereka harus tahu konsekuensi, bahayanya kalau misalnya membuka informasi pribadi,” demikian kiat Eva.

Lihat juga: Kenali Minat Bakat Anak Dari Caranya Bermain

1 thought on “Tips Cegah Pelecehan Seksual Pada Anak

Leave a Reply