05 March 2024

Berbagi Cerita dapat Tumbuhkan Sikap Saling Mendukung

1

linkedin-sales-solutions-IjkIOe-2fF4-unsplash

HATIYANGBERTELINGA.COM – Berbagi cerita dapat menumbuhkan sikap saling mendukung di tengah situasi sulit karena pandemi COVID-19.

Pengamat sosial anak dan sosiolog Universitas Indonesia, Daisy Indira Yasmine mengatakan bahwa berbagi cerita itu penting karena masyarakat Indonesia suka bercerita, mengobrol.

“Minimal dari mengobrol itu bisa berbagi. Penting untuk bisa sharing atau support satu sama lain,” kata Indira dalam konferensi pers virtual, dilansir Antara hari Jumat (10/12/2021).

Baca juga: Pillow Talk Ternyata Punya Banyak Manfaat

Menurut Indira, saling peduli dan mendukung ini bahkan dapat dilakukan secara daring.

Dia mengatakan, banyak hal yang dapat orang-orang lakukan bersama-sama termasuk saling peduli bagaimana agar bertahan pada masa pandemi ini terutama masalah kesehatan.

Selain itu, dia menyarankan Anda menggunakan jejaring teman untuk berbagi, misalnya tentang kesehatan seperti bagaimana menjaga asupan nutrisi yang baik.

Baca juga: Ini Manfaat Ajak Anak Merefleksikan Apa yang Sudah Dilakukannya

Praktikan dalam rumah tangga apa yang didapat dari berbagi, misalnya pengetahuan menjaga nutrisi dengan gizi seimbang atau isi piringku dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Kemudian saling tolong menolong, itu bisa meringankan beban kita dan orang lain. Ini penting untuk bisa mengatasi bersama pandemi ini,” kata Indira.

Anda juga bisa bersama komunitas membangun kebun gizi, sekedar menanam sayuran di halaman atau ladang terbengkalai, untuk menambah asupan nutrisi keluarga dan komunitas.

Baca juga: Rasa Bahagia Itu Pilihan, Ini Tipsnya!

Dia menuturkan, pandemi COVID-19 tak tahu akan terjadi sampai kapan, namun hal yang pasti dapat orang-orang lakukan saat ini bagaimana dapat hidup tetap nyaman, sehat dan bahagia.

“Ini berarti kita harus menjaga imunitas tubuh, kesehatan seluruh anggota keluarga,” kata dia.

Baca juga: Terapkan Atur Napas 4-7-8 untuk Bantu Tidur Anda

1 thought on “Berbagi Cerita dapat Tumbuhkan Sikap Saling Mendukung

Leave a Reply