Rahasia Cepat Dipanggil Perusahaan Pakai Template CV Online

HATIYANGBERTELINGA.COM – Banyak orang masih membuat resume secara manual, padahal apabila menggunakan template CV online, hasilnya akan jauh lebih baik. Kecuali apabila sudah memiliki basic desain grafis, memikirkan tentang layouting, font, ukuran, sudah jadi kebiasaan.

Namun apabila masih belum memiliki kemampuan desain grafis, mencoba membuat rangkuman  (Curriculum Vitae) atau Daftar Riwayat Hidup secara manual akan menyusahkan. Belum lagi hasilnya juga terkadang tidak begitu memuaskan, bahkan cenderung kurang menarik atau terkesan datar.

Salah satu poin penting apabila ingin dilirik oleh perusahaan dengan cepat adalah mampu menarik perhatian recruiter. Menggunakan template online di situs cvmenarik.com dapat membuat CV kamu semakin menarik serta informatif bagi recruiter. Apalagi persaingan dalam mendapatkan pekerjaan membutuhkan banyak persiapan agar dapat diterima dalam sebuah perusahaan.

Template CV Online Modern Minimalis

Salah satu jenis template yang paling banyak menarik perhatian para recruiter adalah bertema modern. Mengingat desainnya sederhana, tetapi informasinya lengkap serta mudah untuk dibaca. Apabila Anda akan menggunakan template, cobalah cari tema modern.

  1. Jenis Warna dan Font

Untuk jenis modern, biasanya tidak memiliki banyak jenis warna, cenderung dua sampai tiga warna saja. perbedaan warnanya juga tidak mencolok. Pemilihan dua atau tiga warna ini akan menampilkan kesan elegan, dinamis, sederhana, tetapi terlihat mewah.

Jenis font juga demikian, tema-tema modern biasanya mengadopsi yang memiliki gaya sederhana tanpa ada garis atau stripnya. Bentuknya lebih tegas tetapi tidak kaku seperti sans atau roman, sudut-sudutnya lebih membulat serta terkompres dengan rapi.

  1. Tata Peletakan Tulisan

Tata letak template CV Online modern cenderung rapi, terstruktur, tetapi tidak membentuk paragraf atau alurnya lurus ke bawah. Biasanya tata letaknya dibagi menjadi dua kolom, bagian kiri berupa ringkasan atau deskripsi tentang pelamar, bagian kanan detail pengalamannya.

Agar tampilan terlihat lebih menarik serta estetik, ukuran font juga menjadi salah satu cara untuk mempercantik penampilan dan tata letaknya. Informasi penting menggunakan font ukuran lebih besar, sedangkan detail seperti Nama Universitas menggunakan font lebih kecil.

  1. Pilih Sesuai Karakter

Ada banyak sekali model template bertema modern, warnanya juga beragam, Anda tinggal harus memilih sesuai dengan karakter. Contohnya ketika memilih tema warna pastikan itu menggambarkan diri Anda sesungguhnya, apabila ambisius, warna merah cenderung mendukung Anda.

Template CV Online Kreatif dan Unik

Tidak hanya ada satu jenis tema saja tetapi ada banyak sekali jenis tema templatenya, salah satunya adalah kreatif. Dibandingkan modern, kreatif lebih memainkan sisi kemenarikan secara grafis dibandingkan kesederhanaan dalam desainnya, apabila tertarik ini cirinya.

  1. Layout Tidak Beraturan

Salah satu ciri paling menonjol jenis CV kreatif adalah tata letak atau layout tulisannya, sangat kurang teratur serta terpersonalisasi sekali. Tidak seperti tema modern, kecenderungan membagi kertas menjadi dua kolom, tetapi bisa jadi menjadi beberapa panel.

Ciri khas dari layoutnya tidak ada bentuk pasti, bahkan Anda bisa mendesain tata letaknya sendiri sekreatif mungkin. Bahkan dapat membuat bermacam bentuk, seperti roda gigi, bubble, panel komik, dan sebagainya. Berkreasilah dengan template ini.

  1. Menggunakan Kombinasi Infografis

Ciri khas lainnya adalah tidak hanya menggunakan kata-kata dan angka saja, tetapi juga menggabungkan teknik infografis dalam menampilkan data. Contoh paling umum ditemui adalah ketika hendak mendeskripsikan sejauh mana kemampuan Anda.

Ketimbang menuliskan kemampuan menulis sangat bagus, mending menggantinya dengan bar atau poin, seperti kemampuan menulis (bintang 5), kemampuan menggambar (bintang 3), dan seterusnya. Sehingga informasinya lebih atraktif.

  1. Font Cenderung Bebas

Font cenderung sangat bebas sekali, tidak harus menggunakan model formal maupun ringkas, boleh juga menggunakan jenis kreatif seperti handwriting. Namun jangan berlebihan menggunakan model font kreatif karena akan menyulitkan recruiter membaca informasi.

Template CV Online Formal Sederhana

Apabila Anda mengetahui bahwa perusahaannya memiliki banyak pelamar serta akan melakukan screening, menggunakan gaya formal dapat menjadi salah satu pilihan paling baik. Selain sederhana, pembahasannya juga sangat terfokus, desain nomor dua.

Memang secara gambaran akan terasa sedikit lebih hambar atau biasa saja dari segi penampilan, tetapi ingat, bahwa perusahaan yang melakukan screening memerlukan waktu singkat mereview sebuah lamaran atau CV. Semakin mudah dibaca, kesempatan dipanggil semakin besar.

Ciri template dengan format formal atau semi formal biasanya tidak memiliki berbagai ornamen layaknya modern. Tetap ada variasi warna, tetapi tidak begitu ramai serta biasanya sebagai penanda beda pembahasan saja.

Baca juga: Tiga Kiat Cari Pekerjaan untuk yang Baru Lulus

Tata letaknya juga cukup sederhana, biasanya dibagi menjadi satu kolom saja, tetapi dibagi menjadi beberapa baris atau tetap dua kolom tetapi isinya sangat spesifik. Bagian paling atas berisi tentang deskripsi diri serta informasi pribadi, seperti kontak dan alamat.

Sedangkan bagian bawah atau kolom samping berisi tentang detail pengalaman kerja, riwayat pendidikan, serta pelatihan. Keunggulan menggunakan template jenis ini ukuran filenya kecil serta mudah dibaca oleh perusahaan, sehingga potensi dipanggil juga lebih besar.

Kecanggihan teknologi memudahkan pencari kerja dalam membuat resume atau CV untuk melamar di berbagai perusahaan. Salah satunya tersedianya template CV online, pelamar hanya perlu melakukan editing serta penyesuaian saja, tidak perlu desain dari awal.

Baca juga: Gaya Kerja Fleksibel dan “Remote” Masih Jadi Tren Masa Depan

Leave a Reply