12 April 2024

RI Jadi Tuan Rumah World Prayer Assembly 2022

0

JAKARTA, HATIYANGBERTELINGA.COM – World Prayer Assembly (WPA) yang kedua kalinya akan digelar di sejumlah region bersama organisasi, lembaga dan jaringan Kristiani di berbagai negara setelah 10 tahun berlalu.

“Jakarta kembali menjadi host pada WPA 2022 ini,” ujar Pdt Antonius Natan yang memoderasi konferensi pers lewat Zoom, Senin (9/5/2022).

Ketua Umum WPA, Pdt Daniel Pandji, menjelaskan tujuan diadakannya WPA ini yaitu, pertama, agar terjadinya kesatuan umat Tuhan secara global dan berdirinya mezbah global yang menyatukan umat Tuhan di seluruh dunia.

Baca juga: Paus Fransiskus Ajak Doa Puasa untuk Perdamaian 2 Maret

Kedua, terjadinya kebangkitan generasi muda gereja yang membawa harapan bagi masa depan bangsa dan bangsa-bangsa.

“Ketiga, menyatakan kasih Kristus yang diwujudkan dengan tindakan kasih dan pewartaan kabar baik di dalam masyarakat,” kata Pdt Daniel.

Negara Indonesia dipercayakan kembali sebagai tuan rumah, yang diadakan secara virtual dan hybrid di SICC Sentul, Jawa Barat, pada 17-19 Mei 2022.

Baca juga: Tetaplah Setia Berdoa, Berdialog dengan Tuhan

WPA diagendakan akan menghadirkan 50 orang pemimpin internasional dan 25 orang dari Indonesia. Acara ini diorganisir oleh Jaringan Doa Nasional (JDN), My Home Indonesia, TCI bersama Internasional IPC dan berbagai lembaga lainnya serta didukung Aras Gereja yakni PGI (Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia), PGLII (Persekutuan Gereja-gereja dan Lembaga-Lembaga Injili Indonesia) dan PGPI (Persekutuan Gereja-Gereja Pentakosta Indonesia).

“Sepuluh tahun lalu, World Prayer Assembly pertama diselenggarakan pada 17 Mei tahun 2012 di Jakarta. Dihadiri 120 ribu orang dari berbagai denominasi, 9600 delegasi dari 86 negara dan diselenggarakan di 378 kota serentak,” kata Pdt. Daniel.

Pdt Daniel mengatakan telah menyaksikan bagaimana Tuhan menjawab seruan doa umat-Nya, bahkan api doa dari Indonesia telah bergerak sampai ke bangsa-bangsa, dan ini waktu dimana Tuhan membawa Indonesia terus menjadi berkat bagi bangsa-bangsa di seluruh dunia.

Baca juga: Saat Ada Ganjalan Sama Orang Lain Sewaktu Berdoa, Ampuni Segera!

Daniel menyadari situasi global saat ini sedang memasuki suatu musim yang baru dan menangkap pergerakan Tuhan yang melanda seluruh dunia, maka Indonesia bersama-sama dengan pemimpin internasional bersehati untuk pelaksanaan WPA di tahun ini bersama-sama dengan saudara-saudara dari seluruh dunia untuk mencari wajah Tuhan, menantikan lawatan Tuhan yang terbesar dalam sejarah yang belum pernah dialami.

Adapun WPA kali ini mengusung tema “The New Waves is Coming” dari Kitab Habakuk 2:14 yang berkata, “Sebab bumi akan penuh dengan pengetahuan tentang kemuliaan Tuhan, seperti air yang menutupi dasar laut”.

“Kami berharap melalui WPA ini akan termobilisasi lebih dari 500 kota di seluruh Indonesia untuk bersatu dalam doa, misi dan generasi. Pun terjadi kolaborasi bersama lintas bangsa, denominasi, generasi dan kegerakan-kegerakan demi menggenapi Amanat Agung,” katanya.

Baca juga: Tuhan Tidak Jauh Dari Doa Kita

WPA, kata Daniel, akan membangkitkan generasi penerus, anak-anak, dan kaum muda dalam doa dan misi.

“Juga, kami berharap adanya seruan untuk 110 juta orang berdoa bagi 110 kota strategis yg belum terjangkau di bumi dan membangun Dewan Doa Regional (Wilayah) sebagai kanopi doa yg bersatu, strategis dan berkesinambungan,” katanya.

Ketua Mobilisasi WPA yang juga fasilitator JDN, Pdt Aristarkus Tarigan memaparkan pelaksanaan WPA 2022 akan dilaksanakan di 500 kota dan kabupaten dari seluruh Indonesia.

“Secara khusus, pada 17 Mei 2022, satu jam sebelum acara pertemuan Global (Assembly) pada jam 19.00 WIB, kota-kota secara serentak membuat pertemuan di kota masing-masing, dengan melibatkan setiap unsur Tubuh Kristus yang ada dan kemudian tempat-tempat di mana WPA dilaksanakan akan mengikuti WPA di SICC (Hybrid) melalui Zoom,” kata Aristarkus.

Sedangkan pertemuan virtual akan diadakan melalui Zoom dan Youtube. “Zoom yang digunakan berkapasitas 1000 (700 peserta dalam negeri dan 200 peserta dari luar negeri), karena itu peserta yang akan hadir di Zoom dengan memprioritaskan para pemimpin dari setiap kota melalui PIC mobilisasi,” kata Aristarkus.

Baca juga: Anak Yatim Katolik-Kristen dan Lintas Iman Ketuk Pintu Langit Doakan Keselamatan Bangsa


Discover more from HATI YANG BERTELINGA

Subscribe to get the latest posts to your email.

Discover more from HATI YANG BERTELINGA

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading