21 April 2024

Uskup Manado Temui Ketua FKUB Sulteng Bahas Kerukunan

0

HATIYANGBERTELINGA.COM – Pimpinan Gereja Katolik wilayah Manado, Gorontalo, dan Sulawesi Tengah, Mgr Benedictus Esetevanus Rolly Untu MSC menemui Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulteng Prof KH Zainal Abidin membahas tentang peningkatan kualitas kerukunan umat beragama.

“Iya, secara pribadi dan keluarga pertama-pertama mengucapkan terima kasih atas kunjungan silaturahim oleh Uskup wilayah keuskupan Manado di momentun Idul Fitri. Salah satu yang dibahas dalam silaturahim ini yakni penguatan hubungan persaudaraan antar-sesama manusia dan peningkatan kerukunan umat beragama,” ucap Ketua FKUB Sulteng Prof Zainal Abidin di Palu, Selasa (3/5/2022).

Baca juga: Keuskupan Agung Semarang Minta Umat Hindari Natalan Jorjoran

Pimpinan Gereja Katolik Wilayah Keuskupan Manado, Gorontalo dan Sulteng Esetevanus Rolly Untu bersama para tokoh Gereja Katolik Paroki Santo Paulus Palu dan Gereja Katolik Santa Maria Palu, bersilaturahim ke Ketua FKUB Sulteng KH Zainal Abidin di hari ke dua Idul Fitri 1443 Hijriah.

KH Zainal Abidin didampingi oleh beberapa pengurus FKUB Sulteng di antara Munif Aziz Godal.

“Silaturahim ini untuk lebih memperkuat hubungan antarsesama manusia dan pemeluk agama,” ucap Prof Dr KH Zainal Abidin MAg.

Baca juga: Uskup Agung Canterbury Bantah Pernikahan Rahasia Meghan-Pangeran Harry

Hadirnya para tokoh dan pimpinan gereja itu, menandakan sikap keterbukaan untuk membangun hubungan kekerabatan, silaturahim antaratokoh agama lewat momen Idul Fitri.

Prof Zainal Abidin menyambut baik kehadiran para tokoh dan pimpinan gereja tersebut. Ia menganggap bahwa sesama pemeluk agama perlu membangun silaturahim.

Apalagi di momentum Idul Fitri, sebut dia, maka momentum tersebut perlu dimanfaatkan untuk introspeksi diri demi membangun hubungan kemanusiaan.

Baca juga: Boleh Pakai KTP ke Gereja, Keuskupan Agung Jakarta Izinkan Semua Orang Ikut Misa Offline

Zainal Abidin mengutip sebuah hadits yang berbunyi, “Janganlah kamu berdengki-dengkian, bermusuh-musuhan, dan bertolak-belakang, tetapi jadilah kalian hamba Allah yang bersaudara”.

Mgr Benedictus Esetevanus Rolly Untu MSC selain bersilaturahim ke Ketua FKUB Sulteng, juga silaturahim ke Gubernur Sulteng Rusdy Mastura, Wali Kota Palu Hadianto Rasyid dan Bupati Sigi Mohamad Irwan. (Antara)

Baca juga: Uskup Agung Makassar: Puji Tuhan, Penjaga Gereja Itu Tidak Kehilangan Nyawanya


Discover more from HATI YANG BERTELINGA

Subscribe to get the latest posts to your email.

Discover more from HATI YANG BERTELINGA

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading