21 April 2024

Yesus Utuslah Aku Menjadi Jala-Mu

4

Jesus (Foto: cesarvidal.com)

Yesus berkata kepada mereka: “Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.” Matius 4:19

Sewaktu remaja aku pernah mencoba menebar pukat atau jala nelayan.

Aku memegang di tangan kiri sekumpulan anyaman jaring benang nilon bening disertai besi besi kecil sebagai pemberatnya. Sedangkan tangan kananku memegang sebagian lagi jaringnya untuk melemparkan jalanya ke permukaan air.

Ketika aku menebarkan jala itu ternyata tidak begitu mudah seperti saat melihat nelayan sesungguhnya. Alhasil, saat itu aku tidak mendapat satupun ikan.

Menurut ahlinya, aku salah dalam menggunakan pukatnya karena momentum dan sasarannya kurang tepat.

Aku mencoba lagi merapikan jala itu dengan teratur rapi sesuai alurnya, namun aku tidak mendapatkan hasil tangkapan untuk kedua kalinya. Pengalaman memakai jala pada waktu lampau itu aku ingat lagi pada akhir bulan kesebelas tahun 2021 berkaitan injil hari ini.

Kisah Yesus memanggil penjala ikan di danau Galilea untuk dijadikan penjala manusia menginspirasi panggilan hidupku lagi. Semangatku diperbarui lagi untuk diutus menjadi jala Yesus.

Panggilan dua orang bersaudara,
yakni Simon yang disebut Petrus, dan Andreas, serta Yakobus anak Zebedeus, dan Yohanes untuk mengikuti Yesus mendorongku untuk terlibat terus dalam memberitakan Allah.

Aku menyadari sisa satu bulan lagi di tahun 2021 ini. Namun semangatku masih membara untuk mewartakan kasih Allah dalam kehidupan selanjutnya.

Aku tahu bahwa aku lemah dalam banyak hal, tetapi aku percaya kekuatan Tuhan menyertaiku. Aku menyadari bahwa menjadi jala-Nya mesti siap sedia ditebarkan dalam momentum dan tepat sasaran.

Sebagai “jala”, aku masih suka koyak oleh dosa, namun aku tahu bahwa Tuhan mengampuniku dan menjadikanku lebih baik lagi. Aku perlu meng-updated pengetahuan iman, sikap, cara hidup lebih baik dan semakin benar lagi.

Para sahabat terkasih,
Kita diajak untuk siap sedia diutus Tuhan untuk menjadi penjala manusia. Siap sediakah kita diutus Tuhan?

+Terpujilah Engkau Allah sumber rahmat dan kasih karunia. Utuslah aku menjadi jala-Mu. Aku siap sedia diutus ke segala penjuru sebagai saksi cinta kasih-Mu. Dimuliakan Engkau Tuhan, detik ini dan selama-lamanya. Amin.+

Bekasi Utara, 30 November 2021,
Selasa Masa Adven I, Pesta St. Andreas, Rasul. Refleksi Awam oleh SY Melki SP

Baca juga: Yesus dan Saya: “Mengapa Kaukatakan Aku Baik?

Baca juga: Malaikat-malaikat Allah Sukacita karena Orang Berdosa yang Bertobat


Discover more from HATI YANG BERTELINGA

Subscribe to get the latest posts to your email.

4 thoughts on “Yesus Utuslah Aku Menjadi Jala-Mu

Discover more from HATI YANG BERTELINGA

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading