21 July 2024

Beritahukanlah Segala yang Yesus Perbuat Padamu

3

Yesus tidak memperkenankannya, tetapi Ia berkata kepada orang itu: “Pulanglah ke rumahmu, kepada orang-orang sekampungmu, dan beritahukanlah kepada mereka segala sesuatu yang telah diperbuat oleh Tuhan atasmu dan bagaimana Ia telah mengasihani engkau!” (Markus 5:19)

Setahun lalu, 1 Februari 2021, saya merefleksikan Markus 5:1-20. Bacaan injilnya sama, namun kali ini perhatian saya tertuju pada perkataan Yesus yang meminta saya untuk memberitahukan segala yang diperbuat Tuhan atas diri saya selama setahun terakhir.

Saya diinspirasi oleh peristiwa Yesus menyembuhkan seorang yang kerasukan roh jahat di pekuburan Gerasa, seberang danau Galilea. Saya meyakini bahwa Yesus juga mengusir roh jahat dalam hidup saya, khususnya dari belenggu kekhawatiran.

Saya bersyukur sejak setahun lalu begitu banyak yang Tuhan perbuat kepada saya. Kasih Allah sangat besar tercurah untuk saya dan keluarga.

Baca juga refleksi saya sebelumnya pada tahun lalu berjudul: Tuhan Mengasihaniku

Saya menyadari kekhawatiran terhadap pekerjaan, keuangan, masa depan keluarga (istri, anak, orangtua, dan saudara-saudari kandung) sempat membelenggu saya setahun belakangan ini.

Namun demikian, sejak saya menyerahkan segala sesuatunya kepada Tuhan, pikiran saya lebih tenang, hati lebih damai, dan iman saya penuh pengharapan.

Ternyata, Tuhan Yesus mencukupi segala sesuatunya untuk saya dan keluarga. Istri dan anak saya diberikan keselamatan dalam proses persalinan.

Baca juga: Cinta Kasih Tuhan Mentahirkan Keluarga

Tuhan melindungi dan memberikan kesehatan untuk orangtua dan sanak saudara saya. Yesus juga memberikan pekerjaan yang lebih baik untuk saya tepat pada waktu-Nya.

Sahabat terkasih,
Orang Gerasa yang telah dibebaskan dari roh jahat Legion meminta agar diperkenankan mengikuti Yesus. Namun Yesus tidak memperkenankannya saat hendak naik ke dalam perahu.

Yesus justru berkata kepada orang itu: “Pulanglah ke rumahmu, kepada orang-orang sekampungmu, dan beritahukanlah kepada mereka segala sesuatu yang telah diperbuat oleh Tuhan atasmu dan bagaimana Ia telah mengasihani engkau!”

Baca juga: Berlari kepada Yesus

Kemudian orang Gerasa itu pergi ke daerah Dekapolis (sepuluh kota di sebelah timur Danau Galilea/perbatasan timur Kekaisaran Romawi di tenggara Levant pada abad pertama SM dan Masehi) untuk memberitakan segala sesuatu yang telah diperbuat Yesus atas dirinya dan mereka semua menjadi heran.

Para sahabat terkasih,
bercermin dari kisah Markus 5:1-20, ternyata saya menemukan juga adanya “Legion” kekhawatiran dalam hidup saya. Namun, Yesus telah melepaskan saya dari roh-roh kekhawatiran terhadap masa depan.

Memang proses yang saya alami tidak sekali jadi ditengking oleh Yesus. Akan tetapi, hari demi hari, dalam doa dan keseharian hidup saya mengalami kuasa Tuhan. Saya bersyukur, Yesus masih berkarya hingga detik ini dalam membebaskan kekhawatiran saya.

Baca juga: Bangga Salib Yesus

Mata rantai kekhawatiran saya dilepaskan Yesus. Roh Kudus membimbing saya untuk mengendalikan pikiran yang cemas, gelisah, dan hal-hal negatif lainnya.

Saya percaya bahwa Allah memberikan kepada saya bukan roh ketakutan atau kekhawatiran, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban (bdk. 2 Timotius 1:7). Saya bersyukur untuk rahmat dan kasih karunia Tuhan dalam hidup saya.

Dari pengalaman setahun berlalu itu dan kisah injil kali ini, saya diajak Tuhan untuk membagikan kepada Anda, sahabat terkasih, bro n sis di mana pun berada saat ini, bahwa percayalah Tuhan Yesus masih berkarya untuk membebaskan kita dari roh-roh jahat yang membelenggu hidup kita.

Baca juga: Malaikat-malaikat Allah Sukacita karena Orang Berdosa yang Bertobat

Roh-roh jahat begitu banyak bentuknya dalam diri kita masing-masing. Akan tetapi, baiklah hidup kita tetap dipimpin oleh Roh Tuhan (bdk. Galatia 5:25).

Yakin dan berserahlah kepada Tuhan Yesus yang dapat membebaskan kita dari kuasa roh jahat. Sebab kita semua, orang yang beriman yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah (bdk. Roma 8:14).

Setelah kita menyadari pembebasan dan kesembuhan dari Tuhan, marilah kita juga mau diutus untuk memberitahukan segala sesuatu yang Tuhan perbuat atas diri kita kepada semua orang. Mari kita menjadi saksi cinta kasih Tuhan Yesus dalam hidup kita.

+Dimuliakanlah Tuhan, detik ini dan selama-lamanya. Amin.+

Refleksi Awam oleh SY Melki SP di Harapan Jaya, Bekasi Utara, Kalender Liturgi 31 Januari 2022, Senin Pekan Biasa IV, PW S. Yohanes Bosko, Imam.

Baca juga: Yesus Utuslah Aku Menjadi Jala-Mu


Discover more from HATI YANG BERTELINGA

Subscribe to get the latest posts sent to your email.

3 thoughts on “Beritahukanlah Segala yang Yesus Perbuat Padamu

Discover more from HATI YANG BERTELINGA

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading